Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]

 Surabaya – Air merupakan salah satu kebutuhan penting bagi tubuh kita. Dosen dari Program Studi (Prodi) D IV Analis Kesehatan Unusa, Andreas Putro Ragil Santoso, S.S.T., M.Si memiliki tips mengetahui kualitas air yang sehat dan baik bagi tubuh.

Andreas menjelaskan, ada lima tips yang harus diperhatikan untuk mengetahui air yang berkualitas. Kebersihan air yang dikonsumsi merupakan faktor penting kesehatan pada manusia.

“Air merupakan kebutuhan makhluk hidup yang paling dasar, air yang kita konsumsi diharapkan memiliki kualitas baik. Kualitas air adalah suatu ukuran kondisi air dilihat dari karakteristik fisik, kimia, dan biologi,” ungkap Andreas, Kamis (4/8).


Tips mengetahui kualitas air, pertama memperhatikan air bersih. Dimana kualitas air yang bapat diminum. Pada air yang bisa diminum memiliki syarat, kadar E.coli dalam air-nya 0 untuk setiap 100 mili liter (ml) air.

Kedua, tidak berwarna atau keruh, jika kondisi air keruh berarti kualitasnya menurun. Ketiga, tidak berbau. Kondisi air yang berbau mengindikasikan jika lingkungan tersebut telah terjadi pencemaran lingkungan.

Keempat, harus memiliki rasa tawar saat dikonsumsi. Rasa tawar pada air mengidnetifikasikan jika air tersebut aman dikonsumsi. Kelima, mengusahakan air diolah atau dimasak dengan benar sebelum dikonsumsi. “Upaya mengolah ini agar bakteri dalam air tersebut mati, sehingga air aman bagi kesehatan saat dikonsumsi,” ucap Andreas.

Dengan lima tips ini, kata Andreas menambahkan, masyarakat bisa mendapatkan air yang layak untuk dikonsumsi. “Mengkonsumsi air yang sehat akan tercipta masyarakat yang sehat pula,” jelasnya. (sar humas)

sumber : unusa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]